Langsung ke konten utama

Women Talk : Perjalanan singkat Sistem Operasi


Hai Ladies..

Melanjutkan dari bahasan sebelumnya mengenai Sistem Operasi, disini saya akan sedikit membahas tentang perjalanan sejarah sistem operasi secara singkat. Karena sistem operasi berkembang dari masa ke masa dari hanya terminal hitam putih, namun berkembang menjadi sebuah sistem operasi yang sangat nyaman digunakan oleh kita sebagai user.

1. GM-NAA I/O 

  Perangkat lunak aktual pertama diberi nama sistem operasi adalah GM-NAA I/O. Merupakan perangkat lunak yang rumit, yang dirancang untuk dijalankan pada komputer IBM 704. Perangkat lunak ini dirilis kembali pada tahun 1956 dikembangkan oleh General Motors dan North American  Aviation Company.
Gambar IBM 704

    Fungsi utama GM-NAA I/O adalah untuk secara otomatis menjalankan program baru setelah yang dieksekusi selesai (pemrosesan batch). Dibentuk dari rutinitas bersama untuk program yang menyediakan akses umum ke perangkat input/output. 

2. TOPS-10 DEC KL 10 
     
     Sistem operasi TOPS-10, yang dirancang untuk dijalankan pada jalur digital PDP 10, yang mencakup komputer mainframe DEC KL 10 diproduksi tahun 1966 dan dihentikan tahun 1983. Pada tahun itu proses pembagian waktu (Time Sharing) menjadi lebih populer. Pembagian waktu dimana banyak pengguna dapat menggunakan komputer yang sama pada saat yang sama dimana setiap individu dapat memiliki login sendiri ke komputer. 

Gambar KL10-DA 

    Dengan cara ini, satu orang dapat masuk ke komputer melakukan tugas dan orang lain dapat masuk ke komputer yang sama menggunakan akun terpisah. Mereka berbagi beberapa sumber daya komputer, seperti prosesor, memori, kemampuan menyimpan data dan hal-hal seperti itu sehingga mereka dapat melakukan tugas mereka sendiri secara terpisah.

3. Unix PDP 11

    Selanjutnya kami memiliki sistem operasi Unix. Sistem operasi ini salah satu yang berjalan pada seri PDP 11 sekitar tahun 1973. Sekarang Unix merupakan Kakek bagi banyak sistem operasi modern, seperti Linux dan Mac OS seperti BSD sistem operasi dan HP AIX sistem operasi dimana masih digunakan dalam produksi hingga sekarang. Unix pada awalnya dikembangkan oleh Bell Labs dan digunakan sebagai sistem operasi penelitian. Banyak Universitas Amerika terkemuka menggunakan sistem operasi ini untuk berbagai jenis projek penelitian.

Gambar PDP-11/40

    PDP-11 menyertakan sejumlah fitur inovatif dalam set instruksi dan register tujuan umum tambahan yang membuatnya lebih mudah diprogram daripada model sebelumnya seri PDP.

4. CP/M Apple II
     
    Untuk waktu yang sangat lama selalu ada impian seseorang memiliki komputer pribadi mereka sendiri yang dapat mereka miliki dirumah untuk melakukan tugas yang ingin mereka lakukan. Komputer Apple II bukan merupakan komputer pesonal yang pertama karena sebelumnya ada Altair dan Apple I. Namun komputasi dekstop yang sebenarnya ada pada Apple II yang dirilis pada tahun 1977.
    
Gambar Apple II
   
Apple II ini menjalankan sistem operasi CPM, yang merupakan akronim untuk program kontrol/monitor, mengontrol program dari mikrokomputer, yang dikenal dengan komputer desktop pada saat itu. CPM yang asli ditulis oleh Gary Kildall.


5. PC DOS - IBM PC 5150

Gambar PC DOS / IBM 5150

    Berbicara tentang DOS kemudian munculnya Microsoft dengan license yang mereka buat untuk IBM Inc, mereka merilis PC DOS merupakan sistem operasi disk komputer pribadi. PC IBM 5150 sekitar tahun 1981. Ini lebih murah dari pada komputer Apple, dan mereka memiliki aplikasi bisnis untuk menangani spredsheet, email, dan pemrosesan teks.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak sistem operasi yang dirilis, seperti versi yang lebih baru dan jauh lebih baik dari sistem operasi Apple. Tentu saja PC DOS disusul oleh Windows 3.1, yang membantu dengan antarmuka pengguna grafis sepeti dekstop titik dan klik yang kita kenal hari ini. Sementara Unix masih sibuk di latar belakang dengan versi yang lebih baru yang dikembangkan oleh perusahan seperti Sun Microsystems. Jadi ini hanya gambaran yang sangat cepat dan sangat luas mengenai bagaimana komputer yang besar memenuhi kamar dan membutuhkan individu yang sangat terampil untuk dapat mengoperasikan  dan memprogram sistem ini kemudian berkembang ke komputer pribadi yang berakhir di atas meja pemilik rumah dan kantor selama tahun 1980-an dan 1990-an yang pada gilirannya berkat perusahaan seperti Apple, mulai menyusutkan perangkat komputasi menjadi unit yang lebih kecil dimana kemudian mulai melihat banyak laptop yang telah di salip oleh komputer tablet dan smartphone.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Women Talk : Apa itu LINUX ?

Hai Ladies .. Kali ini saya akan membahas mengenai awal mula saya berkenalan dengan LINUX, mungkin disini banyak Ladies yang tidak tahu apa itu LINUX dan sejenis apa itu. Jelas pertama kali saya memiliki laptop saya hanya menggunakan OS widows yang harus selalu melakukan aktivasi berkali kali. Sedangkan kebanyakan orang indonesia mengguanakn OS Windows bajakan yang dimana harus berjuang mencari crak kode agar Windows dapat teraktivasi dengan baik dan berjalan dengan baik.  Namun, sejak saya kuliah akhirnya saya paham bahwa aktifitas crak kode itu tidak baik dan di luar sana terdapat OS yang gratis atau yang dapat di kenal dengan opensource  dan dengan perlahan saya mulai mencoba untuk mengetahui LINUX dan mencobanya.  LINUX So .. LINUX itu apa sih ? \Linux ( /ˈlɪnəks/ ( listen ) LIN-əks ) [9] [10] is a family of free and open-source software operating systems based on the Linux kernel , [11] an operating system kernel first released on September 1

Women Talk : Apa itu Sistem Operasi ?

Hai Ladies .. Dipostingan sebelumnya saya membahas mengenai linux , namun agar kita dapat mengerti apa itu linux. Yang pertama perlu kita ketahui adalah sistem operasi,  pada gambaran umum tentang apa yang dinamakan sistem operasi, mari kita lihat sekilas sejarah sistem operasi. Jadi apa sebenarnya sistem operasi itu? setiap komputer memiliki perangkat keras. ini termasuk monitor, hard disk , ram dan pada jaman dahulu terdapat namanya floppy disk atau sekarang di zaman modern berubah menjadi flash disk . Sekarang hardware membentuk komputer fisik, tetapi pada dasarnya tidak dapa t melakukan apa-apa dengan sendirinya kecuali bertindak sebagai pemberat kertas yang sangat mahal. jadi yang perlu kita lakukan adalah kita perlu memiliki perangkat lunak yang berjalan pada perangkat keras/komputer fisik yang membuat perangkat keras melakukan tindakan untuk kita. Di sinilah sesuatu yang disebut kernel ikut berperan. kernel adalah komponen dari sistem ope