Langsung ke konten utama

Women Talk : Apa itu Sistem Operasi ?

Hai Ladies ..


Dipostingan sebelumnya saya membahas mengenai linux , namun agar kita dapat mengerti apa itu linux. Yang pertama perlu kita ketahui adalah sistem operasi, pada gambaran umum tentang apa yang dinamakan sistem operasi, mari kita lihat sekilas sejarah sistem operasi. Jadi apa sebenarnya sistem operasi itu?





setiap komputer memiliki perangkat keras. ini termasuk monitor, hard disk, ram dan pada jaman dahulu terdapat namanya floppy disk atau sekarang di zaman modern berubah menjadi flash disk.




Sekarang hardware membentuk komputer fisik, tetapi pada dasarnya tidak dapat melakukan apa-apa dengan sendirinya kecuali bertindak sebagai pemberat kertas yang sangat mahal. jadi yang perlu kita lakukan adalah kita perlu memiliki perangkat lunak yang berjalan pada perangkat keras/komputer fisik yang membuat perangkat keras melakukan tindakan untuk kita. Di sinilah sesuatu yang disebut kernel ikut berperan.


kernel adalah komponen dari sistem operasi yang merupakan inti dari sistem operasi. Dari perspektif yang cukup luas, kernel yang dapat berkomunikasi dengan perangkat keras. Ini dilakukan melalui driver perangkat dan perangkat lunak lain, tetapi sebagian besar kernel adalah bagian dari perangkat lunak dalam sistem Anda yang mengirimkan informasi bolak-balik ke perangkat keras komputer Anda.
Kernel dibantu oleh perangkat lunak yang disebut libraries dan driver.




Sekarang libraries ini akan menyediakan hal-hal fungsionalitas tambahan yang mungkin dibutuhkan kernel untuk melakukan tugasnya secara efisien. Libraries memiliki item di dalamnya seperti fungsi matematika, cara mengetahui tanggal dan waktu pada sistem, dan hal-hal semacam itu. Tetapi bersama dengan libraries itu, tedapat pula driver perangkat. Driver perangkat adalah bagian dari perangkat lunak yang dirancang untuk menghubungkan dengan jenis perangkat keras tertentu. Anda akan memiliki driver yang berfungsi dengan driver hard disk yang bekerja dengan berbagai jenis kartu video dan driver yang akan bekerja dengan perangkat seperti drive DVD, drive Blurey, dan kartu jaringan, hal-hal semacam itu.

yang berada di atas semua ini adalah tumpukan aplikasi. Ini adalah program yang benar-benar berinteraksi dengan Anda di komputer. Misalnya, anda membaca postingan saya ini di dalam browser web. baik, browser web adalah aplikasi, aplikasi itu harus dapat berkomunikasi dengan tampilan agar saya dapat melihat apa yang sedang saya klik ketika saya mencoba menunjukkan sesuatu kepada Anda. Aplikasi ini harus bekerja dengan berbagai jenis file libraries, yang akan membantu aplikasi menerjemahkan komunikasinya menjadi jenis komunikasi yang akan dipahami kernel untuk mengirimkan pesan-pesan itu ke perangkat keras untuk mengatakan, "Hei, kami mengklik sebuah tombol. Kami ingin menunjukkan sesuatu pada orang ini. " Ketika datang ke terminologi sistem operasi dasar, Anda memiliki dua area tertentu dari sistem operasi.



Satu disebut ruang kernel. Ini adalah wilayah yang dilindungi yang dibuat saat sistem menyala dan berjalan. Yang memungkinkan kernel untuk berkomunikasi secara langsung dengan berbagai jenis perangkat keras, Apa yang kitagunakan dan berinteraksi setiap hari disebut ruang pengguna (user space). Di sinilah kita menyimpan dokumen kita sendiri. Di sinilah kita bekerja dengan aplikasi. Di sinilah kita menggunakan alat seperti browser web untuk pergi ke Facebook atau melakukan pencarian pekerjaan atau melakukan audit keamanan, hal-hal semacam itu. Di sinilah kita berinteraksi dengan komputer, berada dalam ruang pengguna (user space). Ruang pengguna (user space), pada giliranya, akan menggunakan libraries perangkat lunak untuk berkomunikasi dengan ruang kernel dan kemudian ruang kernel akan di alihkan, berkomunikasi dengan perangkat keras komputer. Tumpukan pada gambar diatas adalah yang membentuk sistem operasi dan tidak masalah jika sistem operasi itu adalah Linux, MAC OS, Windows, BSD, BOS, apappun ini adalah susunan dasar dari sistem operasi.


Sumber : Linux Operating System Fundamentals | https://linuxacademy.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Women Talk : Apa itu LINUX ?

Hai Ladies .. Kali ini saya akan membahas mengenai awal mula saya berkenalan dengan LINUX, mungkin disini banyak Ladies yang tidak tahu apa itu LINUX dan sejenis apa itu. Jelas pertama kali saya memiliki laptop saya hanya menggunakan OS widows yang harus selalu melakukan aktivasi berkali kali. Sedangkan kebanyakan orang indonesia mengguanakn OS Windows bajakan yang dimana harus berjuang mencari crak kode agar Windows dapat teraktivasi dengan baik dan berjalan dengan baik.  Namun, sejak saya kuliah akhirnya saya paham bahwa aktifitas crak kode itu tidak baik dan di luar sana terdapat OS yang gratis atau yang dapat di kenal dengan opensource  dan dengan perlahan saya mulai mencoba untuk mengetahui LINUX dan mencobanya.  LINUX So .. LINUX itu apa sih ? \Linux ( /ˈlɪnəks/ ( listen ) LIN-əks ) [9] [10] is a family of free and open-source software operating systems based on the Linux kernel , [11] an operating system kernel first released on September 1

Women Talk : Perjalanan singkat Sistem Operasi

Hai Ladies.. Melanjutkan dari bahasan sebelumnya mengenai Sistem Operasi, disini saya akan sedikit membahas tentang perjalanan sejarah sistem operasi secara singkat. Karena sistem operasi berkembang dari masa ke masa dari hanya terminal hitam putih, namun berkembang menjadi sebuah sistem operasi yang sangat nyaman digunakan oleh kita sebagai user. 1. GM-NAA I/O    Perangkat lunak aktual pertama diberi nama sistem operasi adalah GM-NAA I/O. Merupakan perangkat lunak yang rumit, yang dirancang untuk dijalankan pada komputer IBM 704. Perangkat lunak ini dirilis kembali pada tahun 1956 dikembangkan oleh General Motors dan North American   Aviation Company. Gambar IBM 704     Fungsi utama GM-NAA I/O adalah untuk secara otomatis menjalankan program baru setelah yang dieksekusi selesai (pemrosesan batch). Dibentuk dari rutinitas bersama untuk program yang menyediakan akses umum ke perangkat input/output.  2. TOPS-10 DEC KL 10              Sistem operasi TOPS-10, yan