Langsung ke konten utama

Women Talk : Apa itu LINUX ?

Hai Ladies ..


Kali ini saya akan membahas mengenai awal mula saya berkenalan dengan LINUX, mungkin disini banyak Ladies yang tidak tahu apa itu LINUX dan sejenis apa itu. Jelas pertama kali saya memiliki laptop saya hanya menggunakan OS widows yang harus selalu melakukan aktivasi berkali kali. Sedangkan kebanyakan orang indonesia mengguanakn OS Windows bajakan yang dimana harus berjuang mencari crak kode agar Windows dapat teraktivasi dengan baik dan berjalan dengan baik. 


Namun, sejak saya kuliah akhirnya saya paham bahwa aktifitas crak kode itu tidak baik dan di luar sana terdapat OS yang gratis atau yang dapat di kenal dengan opensource dan dengan perlahan saya mulai mencoba untuk mengetahui LINUX dan mencobanya. 



LINUX


So .. LINUX itu apa sih ?

\Linux (/ˈlɪnəks/ (listen) LIN-əks)[9][10] is a family of free and open-source software operating systems based on the Linux kernel,[11] an operating system kernel first released on September 17, 1991 by Linus Torvalds.[12][13][14] Linux is typically packaged in a Linux distribution (or distro for short). -Wikipedia


Jadi apa yang sebenarnya ditawarkan Linux kepada saya?

Linux Commands : top command explainedJadi, apa yang benar-benar saya lebih suka menggunakan Linux, daripada Windows atau Mac OS di komputer. Dalam postingan ini, kita akan membahas beberapa manfaat Linux. Bukannya itu benar-benar di jual! Tidak Ini gratis dan akan membuat kehidupan komputasi Ladies jauh lebih baik!


Linux jauh lebih dari sekadar sistem operasi mirip Unix dan cukup unik karena sistem perizinannya. Masukkan ‘Sumber Terbuka’:

1. Linux adalah Sistem Operasi Sumber Terbuka (oh, dan gratisga!)

Ini berarti bahwa perangkat lunak dapat berkualitas tinggi untuk semua orang, dan uang yang di perloleh linux didapat dari dukungan, distribusi, pelatihan atau bekerja dengan perangkat lunak sumber terbuka.

2. Dapat berfungsi pada komputer jadulmu Ladies !

Linux cepat dan bekerja pada komputer yang cukup tua. Kamu akan kagum dengan mesin tua macam apa yang bisa kamu gunakan untuk bekerja di Linux. Bahkan PC berusia 20 tahun dapat digunakan sebagai router atau firewall dasar, misalnya. Jika kamu memiliki PC atau laptop tua yang terpajang di rumah dan kamu pikir itu sampah tua yang lambat, kamu akan kagum dengan seberapa banyak yang dapat dilakukannya, hanya dengan menhapus Windows dan mulai baru dengan Linux!

3. Keamanan dan privasi dibangun secara default

Keamanan dibuat di jantung sistem operasi Linux:

  • Izin dan penjara berarti bahwa hanya pengguna yang seharusnya mengakses data yang bisa mendapatkannya.
  • Setiap distro Linux juga menyertakan firewall secara default dan ada ribuan aplikasi dan cara lain untuk mengamankan mesin Anda lebih jauh.
     
  • Komunitas Linux dibangun terutama oleh orang-orang yang lebih suka open source dan kebebasan digital. Mereka sering tidak suka memiliki perangkat lunak yang dibuat untuk mengungkapkan rahasia atau informasi Anda kepada penawar tertinggi di Internet.
  • Akhirnya, walaupun tidak selalu merupakan fitur keamanan, karena pengguna desktop Linux hanya mewakili 0,6% dari pasar pengguna desktop, mereka umumnya tidak ditargetkan oleh peretas dan oportunis - jauh lebih mudah untuk miliaran pengguna Windows di luar sana!
4. Kustomisasi dan modifikasi berlimpah

Jika kamu adalah salah satu dari orang-orang yang suka bermain-main dengan komputer, untuk membuat sesuatu muncul, atau bekerja dengan cara tertentu yang kamu inginkan, Linux memungkinkan kamu untuk menjadi gila. Secara harfiah tidak ada satu elemen pun dari desktop kamu yang tidak dapat sepenuhnya dikustomisasi (diotak atik) dengan cara yang kamu sukai.


5. Game di Linux? Benarkah!?!
Ya, Anda membacanya dengan benar! Pacman bukan satu-satunya game yang Linux lakukan lagi! Steam dan SteamOS adalah platform Linux yang sebenarnya sekarang, ribuan game yang tersedia untuk Windows / Mac tersedia di Steam untuk Linux dan terlebih lagi, mereka biasanya dirilis pada tanggal yang sama dengan rekan Windows mereka.



6. Driver secara default

Saya tidak akan mengatakan bahwa ada ketersediaan plug and play untuk setiap perangkat di luar sana, tetapi secara umum, sebagian besar perangkat yang dapat kamu peroleh hari ini, baik itu adaptor nirkabel, webcam, kartu grafis, printer dan pemindai, kamu memerlukan driver untuk memainkan mereka. Dengan mengunduh driver dari Internet saat kamu membeli printer baru di PC Windows itu terasa sangat menyulitkan. Lupakan itu, Linux melakukannya dengan baik!


Jika Kamu pernah mendengar tentang Linux, Kamu mungkin pernah mendengar tentang distribusi Linux - sering disingkat menjadi "Linux distro." Ketika memutuskan untuk menggunakan Linux - pada komputer desktop atau server - pertama-tama kamu harus memilih distro . Bagi banyak orang, Ubuntu menjadi identik dengan Linux. Tetapi Ubuntu adalah salah satu dari banyak distro, dan kamu memiliki banyak pilihan ketika datang ke Linux.

Distribusi Linux

how to use linux_linux logo
Distribusi Linux (sering disingkat sebagai distro) adalah sistem operasi yang dibuat dari kumpulan perangkat lunak, yang didasarkan pada kernel Linux dan sistem manajemen paket. Pengguna Linux biasanya mendapatkan sistem operasinya dengan mengunduh salah satu distribusi Linux, yang tersedia untuk berbagai sistem mulai dari perangkat yang disematkan (misalnya, OpenWrt) dan komputer pribadi (misalnya, Linux Mint) hingga superkomputer yang kuat (misalnya , Distribusi Cluster Batuan.

Umumnya, distribusi Linux terdiri dari apa yang disebut paket perangkat lunak. Paket-paket ini berisi file, aplikasi, atau layanan tertentu. Misalnya, paket dapat berupa kumpulan font, browser web, atau lingkungan pengembangan. Satu distribusi Linux dapat berisi ribuan paket perangkat lunak. Dalam istilah praktis, bagaimanapun, distro Linux cenderung meminimalkan jumlah komponen dan modul untuk menyesuaikan distro dan mengecilkan total jejak sistem operasi - terutama jika distro akan digunakan dalam lingkungan tervirtualisasi di mana banyak contoh bersamaan menempatkan sumber daya komputasi pada premium.

Distribusi Linux juga mencakup sistem manajemen paket, atau manajer paket, yang digunakan untuk menginstal, mencopot dan mengelola paket perangkat lunak. Sistem ini juga memungkinkan pencarian paket, peningkatan perangkat lunak otomatis dan verifikasi bahwa semua dependensi paket terpenuhi.

Secara umum, distribusi Linux mungkin:
  • Komersial atau non-komersial
  • Dirancang untuk pengguna perusahaan, pengguna listrik, atau untuk pengguna rumahan
  • Didukung pada beberapa jenis perangkat keras, atau platform-spesifik, bahkan sejauh sertifikasi oleh vendor platform
  • Dirancang untuk server, desktop, atau perangkat tertanam
  • Tujuan umum atau sangat terspesialisasi terhadap fungsionalitas alat berat tertentu (mis. Firewall, router jaringan, dan kluster komputer)
  • Ditargetkan pada kelompok pengguna tertentu, misalnya melalui internasionalisasi dan pelokalan bahasa, atau melalui penyertaan banyak produksi musik atau paket komputasi ilmiah
  • Dibangun terutama untuk keamanan, kegunaan, portabilitas, atau kelengkapan
  • Rilis standar atau rilis bergulir, lihat di bawah.
  • Keragaman distribusi Linux disebabkan oleh variasi teknis, organisasi, dan filosofis antara vendor dan pengguna. Lisensi permisif dari perangkat lunak bebas berarti bahwa setiap pengguna dengan pengetahuan dan minat yang cukup dapat menyesuaikan distribusi atau desain yang ada sesuai dengan kebutuhannya sendiri.


Daftar distribusi linux dapat di cek di link berikut :


Distribusi Linux apa yang harus saya pilih?


Memilih distribusi Linux adalah hal pribadi. Ini sangat tergantung pada apa yang ingin kamu lakukan dengannya. Next saya akan bahas beberapa hal dalam memilih Distro Linux di postingan selanjutnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Women Talk : Perjalanan singkat Sistem Operasi

Hai Ladies.. Melanjutkan dari bahasan sebelumnya mengenai Sistem Operasi, disini saya akan sedikit membahas tentang perjalanan sejarah sistem operasi secara singkat. Karena sistem operasi berkembang dari masa ke masa dari hanya terminal hitam putih, namun berkembang menjadi sebuah sistem operasi yang sangat nyaman digunakan oleh kita sebagai user. 1. GM-NAA I/O    Perangkat lunak aktual pertama diberi nama sistem operasi adalah GM-NAA I/O. Merupakan perangkat lunak yang rumit, yang dirancang untuk dijalankan pada komputer IBM 704. Perangkat lunak ini dirilis kembali pada tahun 1956 dikembangkan oleh General Motors dan North American   Aviation Company. Gambar IBM 704     Fungsi utama GM-NAA I/O adalah untuk secara otomatis menjalankan program baru setelah yang dieksekusi selesai (pemrosesan batch). Dibentuk dari rutinitas bersama untuk program yang menyediakan akses umum ke perangkat input/output.  2. TOPS-10 DEC KL 10              Sistem operasi TOPS-10, yan

Women Talk : Apa itu Sistem Operasi ?

Hai Ladies .. Dipostingan sebelumnya saya membahas mengenai linux , namun agar kita dapat mengerti apa itu linux. Yang pertama perlu kita ketahui adalah sistem operasi,  pada gambaran umum tentang apa yang dinamakan sistem operasi, mari kita lihat sekilas sejarah sistem operasi. Jadi apa sebenarnya sistem operasi itu? setiap komputer memiliki perangkat keras. ini termasuk monitor, hard disk , ram dan pada jaman dahulu terdapat namanya floppy disk atau sekarang di zaman modern berubah menjadi flash disk . Sekarang hardware membentuk komputer fisik, tetapi pada dasarnya tidak dapa t melakukan apa-apa dengan sendirinya kecuali bertindak sebagai pemberat kertas yang sangat mahal. jadi yang perlu kita lakukan adalah kita perlu memiliki perangkat lunak yang berjalan pada perangkat keras/komputer fisik yang membuat perangkat keras melakukan tindakan untuk kita. Di sinilah sesuatu yang disebut kernel ikut berperan. kernel adalah komponen dari sistem ope